Inspektorat Indramayu Temukan Penyelewengan APBDes Temiyangsari

Indramayutrust.com – Menanggapi laporan masyarakat terkait dugaan penyelewengan Dana Desa Temiyangsari, Kecamatan Kroya, Kabupaten Indramayu beberapa waktu lalu, Inspektorat Indramayu akhirnya melakukan investigasi di wilayah tersebut dan membuahkan hasil.

Kasus dugaan penyelewengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDesa) tahun 2015 oleh kuwu Desa Temiyangsari, Haerudin terkuak sudah.

Hal tersebut merujuk dari laporan hasil inspeksi lapangan, inspektorat Kabupaten Indramayu yang menemukan adanya penyelewengan APBDesa tahun 2015.

Petugas Inspektorat Indramayu, H Nurul mengatakan bahwa temuan dilapangan tersebut tidak jauh berbeda dengan apa yang dilaporkan oleh masyarakat Desa Temiyangsari.

Namun pihak inspektorat menilai bahwa adanya penyelewengan tersebut termasuk sebuah kekeliruan administrasi oleh kuwu, sehingga kuwu diharuskan mengembalikan uang tersebut kepada kas desa.

“Inspeksi lapangan dilakukan untuk mengetahui berapa jumlah kerugian keuangan negara (APBDesa yang diselewengkan,red) dan tidak beda jauh dengan laporan masyarakat,” ungkapnya, Rabu (28/9).

Menurutnya, pengembalian uang tersebut berdasarkan Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan Daerah, dimana dalam adanya kekeliruan administrasi mengharuskan adanya pengembalian.

Namun demikian, pihaknya belum bisa menerangkan secara rinci bentuk penyelewengan yang dilakukan oleh kuwu Temiyangsari, beralasan bahwa hal tersebut bukan untuk konsumsi publik dan bukan kewenangannya dalam memberikan informasi tersebut kepada publik.

“Itu bukan kewenangan saya, saya disini hanya bertugas di lapangan, menindaklanjuti dari Tipikor,” tuturnya.

Selain itu, salah satu masyarakat Desa Temiyangsari, Kamim mengungkapkan bahwa setelah dilakukan pengembalian uang tersebut, tidak lantas menggugurkan tindak pidana korupsi yang dilakukan kuwu.

“Mengembalikan uang negara yang sudah di selewengkan itu wajib, tapi kasusnya ya harus tetap dilanjutkan oleh pihak kepolisian, di bagian Tipikor, enak saja cuma mengembalikan uang terus kasus korupsinya tidak lanjut,” tegasnya. (Didi)

3615 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

One Response

  1. bjganteng24/08/2017 at 00:11Reply

    yth inspektorat indramayu tolong kroscek desa larangan jambe kec.kertasemaya.jln poros desa mangkrak,kemana dana ADD tsb.
    makasih

Tinggalkan Balasan