“Manusia Kardus” Asal Indramayu, Jalan Kaki Untuk Mendongeng Hewan Langka di Indonesia

Indramayutrust.com – Samsudin Surya (45) warga Desa Krasak RT 24 RW 05 Blok Pulo Kecamatan Jatibarang Kabupaten Indramayu, yang dikenal sebagai Manusia Kardus dengan aksi jalan kaki, dari Indramayu menuju Kampus Universitas Indonesia Depok, untuk melanjutkan kegiatan mendongeng keliling Nusantara.

Dalam perjalanannya, ia singgah ke beberapa tempat untuk mendongeng kepada anak-anak, seperti yang dilakukannya di PAUD Gemilang desa Puntang, TK Tunas Harapan desa Jangga dan TPA (Taman Pendidikan Al Quran) Ibnu Hajar desa Muntur Kecamatan Losarang Kabupaten Indramayu, Selasa (06/12).

Samsudin mengatakan jika dalam kunjungannya ke beberapa sekolah tersebut selain untuk bersilaturahmi dengan pihak sekolah, juga untuk mendongeng kepada murid-murid dengan media wayang kardus bergambar hewan langka di Indonesia.

Kepala sekolah PAUD Gemilang, Jumi’ah, menyambut baik kehadiran Samsudin Surya Manusia Kardus tersebut, serta mengungkapkan rasa senang dengan kehadiran Samsudin yang sudah menyempatkan waktunya untuk mendongeng kepada anak-anak muridnya.

“Ya, saya merasa senang sekali karena sudah didatangi pendongeng, Pak Samsudin. Saya lihat anak-anak menyimak dan terlihat menikmati dongeng dari Pak Samsudin,” ungkapnya.

Selain itu, Samsudin juga melanjutkan mendongengnya di TK Tunas Harapan di Jalan Turangga Bahari Desa Jangga RT 14 RW 04 Kecamatan Losarang, serta menemui Kepala Desa Jangga, Nedi Prasetyo AMd.

Sementara, Kepala Sekolah TK Tunas Harapan, Suryati SPd, bersama sejumlah guru TK tersebut menyampaikan ucapan terimakasih kepada Samsudin yang telah bersedia memberikan pengetahuan tentang hewan langka kepada anak didiknya melalui dongeng dengan wayang kardus.

“Semoga dalam perjalanan Pak Samsudin sampai ke tempat tujuan, di Kampus UI Depok, amin. Terimakasih Pak Samsudin sudah bersilaturahmi dan mendongeng di TK Tunas Harapan ini,” tuturnya.

Kemudian, Samsudin melanjutkan bersilaturahmi dan mendongeng ke murid-murid TPA  (Taman Pendidikan Al Quran) Yayasan Ibnu Hajar di Desa Muntur blok buyut gentong RT 09 RW 02 Kecamatan Losarang. Kedatangan Samsudin juga disambut baik oleh pengelola TPA Ibnu Hajar, H.Ikhwanudin.

Antusias anak-anak yang begitu menikmati dan menyimak dongeng wayang kardus oleh Samsudin di dalam Mushola tersebut hingga selesai.

“Hari ini hingga malam nanti, saya menginap di kediaman Didi Sugali yang merupakan tokoh pemuda di Kecamatan Losarang, besok insya Allah melanjutkan lagi perjalanan hingga sampai pada tujuan di kampus Universitas Indonesia (UI) Depok, perjalanan mungkin sampai 10 hari,” jelas Samsudin. (Didi)

1893 Views

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Tinggalkan Balasan